Warna sejak
lama diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi, emosi serta cara
bertindak manusia. Warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa
mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna yang sering digunakan para
marketer atau komunikasi visual yang handal untuk tujuan branding,
sales/penjualan serta marketing perusahaan. Misalnya warna merah berarti gagah
atau putih yang dikaitkan dengan kesucian pada pembuatan logo perusahaan.
Bahkan, ada ilmu komunikasi visual yang menggunakan
warna untuk terapi warna atau yang disebut colourology (menggunakan warna untuk
meyembuhkan). Metode ini sudah dipraktekkan oleh banyak kebudayaan kuno seperti
Mesir dan Cina. Mata kita bisa menangkap tujuh juta warna yang berbeda. Tetapi
ada beberapa warna utama yang bisa memiliki dampak pada kesehatan dan mood yang
pada akhirnya akan mendorong konsumen untuk lebih loyal terhadap produk
perusahaan. Setiap warna memancarkan panjang gelombang energi yang berbeda dan memiliki
efek yang berbeda pula. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna pada materi
promosi, branding, marketing, corporate identity serta logo perusahaan dapat
membawa harmoni, stabilitas, keseimbangan dan peningkatan penjualan yang
mengagumkan.
Kali ini akan dibahas tentang psikologi warna di dalam
desain logo tapi tidak berarti efeknya akan berbeda dengan print atau media
yang lain, efek dasarnya akan tetap sama. Berikut adalah daftar warna-warna
yang akan dibahas:
Merah adalah
warna yang paling sering menarik perhatian. Warna memilki karateristik
merangsang saraf, kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf sensorik. Merah juga
meningkatkan sirkulasi darah dan kereaktivan darah itu sendiri. Warna merah
juga paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik, memperkuat
motivasi, meningkatkan sirkulasi, dan berkaitan dengan seksualitas. Merah juga
membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau intensitas.
Tetapi pada saat yang sama, warna ini dapat dianggap sebagai tuntutan dan sikap
agresif. Merah adalah warna yang kuat sekaligus hangat. Biasanya di gunakan
untuk memberikan efek psikologi panas , berani ,marah dan berteriak. Beberapa
studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy. Didalam desain,
kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yang kuat.
Misalnya, pada logo hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit saja sudah
bisa membuat logo tersebut menjadi terlihat berbeda.
Kuning
adalah warna cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna ini bisa dipakai
sedikit untuk pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu rem yang berada
dikendaraan. Warna kuning menstimulasi berbagai fungsi tubuh, seperti aliran
empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat pencahar dengan cara
mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu pembuangan usus. Kuning juga
berhubungan dengan intelektual dan proses mental. Warna cerah ini juga
merangsang otak serta membuat Anda lebih waspada dan tegas. Kuning adalah warna
yang ceria, menyenangkan dan penuh energi. Tidak heran warna kuning identik
dengan mainan anak-anak. Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan
perhatian dari orang yang melihat desain logo. Karena begitu kuatnya warna
kuning ini, seringkali di gunakan untuk mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu
lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau
merah karena sifatnya menarik perhatian.
Orange ialah
kombinasi warna merah dan kuning. Merupakan warna hangat dan ramah yang membuat
orang merasa nyaman. Orange berhubungan dengan cakra sakral dan diyakini
bermanfaat untuk ginjal, saluran kemih dan organ repoduksi. Dia juga
meningkatkan metabolisme, memperkuat paru-paru, limpa dan pankreas. Oranye
adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga efek yang di hasilkan masih
tetap sama, yaitu kuat dan hangat. Warna ini (selain merah dan biru) sering di
gunakan pada tombol website yang penting, seperti buy now , register now dan
lainnya yang sejenis, istilahnya adalah call to action button. Dari sisi
psikologis sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit
gaduh. Mungkin karena sebab itulah warna ini paling banyak di pakai untuk
menarik perhatian orang.
Dari semua
warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa meningkatkan nafsu makan
untuk itu disarankan menempatkan makanan di piring biru. Biru juga dapat
memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Ini adalah warna yang
menenangkan dan diyakini mengatasi insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan,
tekanan darah tinggi, migrain dan iritasi kulit. Warna ini juga meningkatkan
ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat
(biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan
pikiran dan membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit para pria dan
termasuk warna yang dingin. Kalau di dunia desain logo, biru sering di sebut
warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai
warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk
tenang dan bersifat profesional. Efek lain warna biru adalah sering di anggap
sebagai warna yang melambangkan kepercayaan dan trustfulness. Biru juga bisa di
pakai untuk menurunkan nafsu makan atau meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah
warna biru untuk mendesain box obat diet atau obat kuat pria.
Warna ini
membawa perasaan damai dan saling memahami. Warna ini juga membantu tidur Anda.
Dari kelompok warna-warna lain radian warna violet ini dipercaya akan
menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak terkendali bisa dikendalikan
oleh warna ini. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas, intuisi,
kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus. Ungu adalah warna yang
memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan yang kebanyakan di
dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat
di alam. Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada
desain logo kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen
saja.
Hijau
dikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap
sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang
sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan
antara Anda dan orang lain. Warna ini juga terkait dengan cakra jantung
sehingga dipercaya membantu masalah emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan
kasih sayang. Para peneliti juga menemukan warna hijau dapat meningkatkan
kemampuan membaca siswa. Para siswa yang membaca materi tulisan di atas
lembaran hijau transparan akan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman.
Efek rileksasi dan menenangkan dari warna ini mungkin jadi penyebabnya. Hijau
adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam.
Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan
segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi dengan kombinasi
warna hijau dan coklat gelap.
Coklat
adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Namun selain itu,
coklat juga memberikan kesan sophisticated karena dekat dengan warna emas. Bisa
di bayangkan kesan mahal dan ekslusif pada desain logo dengan kombinasi warna
hitam dan coklat muda. Dan tidak lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa dapat
di andalkan dan kuat. Warna coklat ini biasanya di gunakan di firma hukum
sebagai warna utama dalam desain logo perusahaan mereka.
Merah muda
adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan
dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis juga bisa timbul
dari warna merah muda ini, agak sedikit berbeda dengan warna merah yang lebih
menggambarkan berani. Tetapi banyak juga desain logo perusahaan yang berani menggunakan
warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam
dan merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.
Warna-warna
nila ini dipercaya akan meningkatkan intuisi dan memperkuat sistem getah
bening, kekebalan tubuh dan membantu memurnikan serta membersihkan tubuh.
Pilihlah
warna putih untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga meberikan aura kebebasan dan
keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan warna putih untuk
menciptakan kesan steril. Namun, terlalu banyak banyak warna putih dapat
memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya yang dipantulkan.
Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering di
anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin
membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah
langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya).
Hitam adalah
warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Karena itu elemen apapun
jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus (misalnya, pada
waktu menampilkan foto, portfolio atau produk).
Dengan
pemahaman efek dari berbagai macam warna ini maka Akarapi mampu menerapkannya
dalam dunia komunikasi visual, marketing, materi promosi (brosur, undangan, x
banner, leaflet) , corporate identity (kop surat, kartu nama, amplop) hingga
pembuatan desain logo perusahaan yang menjadi titik awal dari program branding
yang sukses dan berhasil. Warna berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di
dalam suatu desain logo. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa
memberikan efek psikologis dan kesan yang mendalam kepada semua orang yang
melihatnya. Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di gunakan untuk
membantu pasien menjadi lebih cepat sembuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar