Terima Kasih Atas Kunjungannya

Selasa, 19 April 2011

Zat Adiktif


Zat adiktif adalah zat atau obat-obatan keras yang mempengaruhi susunan saraf pusat, serta dapat menimbulkan ketergantungan dalam jangka panjang ( edikitif = ketagihan ). Jenis atau semacamnya yaitu  rokok, kopi, minuman keras, bir, anggur, wiski, vodka, tuak, arak dkk. 
  • Rokok
Kebiasaan sederhana yang merupakan gaya tren anak muda bahkan orang tua. Sepintas, merokok tidak berbahaya, namun sesungguhnya bahaya yang ditimbulkan atau efek samping oleh rokok sangat luar biasa.
Bahan baku pembuatan rokok terdiri atas tembakau, cengkeh, kemenyan, dan bahan rempah-rempah lainnya. Kandungan nikotin dalam tembakau bersifat racun. Asap hasil pembakaran rokok mengandung gas karbonmonoksida ( CO ) yang membahayakan sistem saraf.
  • Kopi
Kopi dapat menimbulkan ketergantungan pada seseorang. Hal ini karena dalam kopi terdapat suatu senyawa kimia, yaitu kafein. Kafein merupakan obat stimulan yang dapat merangsang sistem saraf.
  • Minuman Keras
Semua jenis minuman yang mempunyai kandungan alkohol melebihi batas yang diizinkan digolongkan kedalam minuman keras. Secara umum alkohol bersifat menghalangi penyerap zat gizi sehingga terjadinya ganggguan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Followers

Powered By Blogger

Statistik Pengunjung